Wednesday, February 6, 2013

iPhone 5 Ponsel Cerdas Dengan Sederet Kelebihan dan Kekurangan



Ketika Apple merilis iPhone 4 yang disusul kemudian dengan seri 4S, ranah smartphone seolah mengalami gegap gempita. Euforia itu tak terelakan, dan para pemburu gadget rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkannya. Lantas, bagaimana dengan kehadiran iPhone 5?

Mesti diakui, iPhone merupakan produk Apple yang sarat gengsi bagi penggunanya. Bukan hanya aplikasi dan fiturnya yang spesial, namun juga harga dan konsumen pemakainya boleh dibilang kalangan tertentu. Dialah iPhone 5. Tapi, mari kita simak, kelebihan dan kekurangan ponsel cerdas ini.
Kelebihan: 
iPhone 5 yang baru diluncurkan apple diyakini memiliki beberapa kelebihan di bandingkan dengan seri sebelumnya. Selain bentuk fisiknya yang lebih tipis, beberapa fiturnya pun lebih unggul, serta telah menggunakan iOS 6 yang notabene sistem operasi terbaru milik Apple. Berikut beberapa kelebihannya yang dikutip dari morningsun.net.

1. Lebih Cepat
Kehadiran iPhone 5 yang sudah memiliki konektivitas jaringan LTE, dipastikan akses data lebih cepat dari 3G.

2. Fitur Wallpaper
Ada fitur baru pada iOS 6 yakni sebuah logo sebagai wallpaper dan membuatnya tak bisa diganti orang lain. "Fitur ini memang unik, meski belum tentu semua pebisnis menyukainya," tukas Albert Navis, pemerhati gadget.

3. Map dan Navigasi Baru
Dengan iOS 6, pengguna dapat mengkombinasikan aplikasi Siri dan Map agar bisa membantu untuk mencari sebuah lokasi tertentu.

4. FaceTime
Aplikasi ini biasanya membantu para pebisnis yang sedang di luar kota untuk tetap berhubungan dengan keluarganya di rumah. "Dengan iOS 6, pengguna dapat lebih mudah terkoneksi dengan internet atau Wi-Fi sehingga lancar saat mengobrol via FaceTime," ujar Albert.

5. Passbook
Aplikasi ini tersedia untuk membuat segala kartu pass pengguna menjadi serba digital. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk check-in layaknya Foursquare.

6. Pembaruan email
Apple menambahkan satu fitur baru pada aplikasi email. Pengguna dapat mengatur siapa saja kontak penting dan ditandai sebagai VIP. Selain itu surat di kotak masuk juga bisa ditandai.

7. Fitur Alih Panggilan
Saat rapat, deringan telepon biasanya sangat tidak diharapkan karena dapat memecah konsentrasi. Karena itu, Apple menyiapkan fitur yang dapat bekerja secara otomatis saat panggilan datang.

"iPhone 5 akan langsung mengirimkan SMS ke orang yang melakukan panggilan sehingga ia bisa tahu bahwa yang dihubungi sedang rapat," ungkap Albert.


Kekurangan:

1. Tampilan Antarmuka Baru
Setiap sistem operasi memiliki keunggulan tersendiri. Windows Phone dengan tampilan ubinnya, lalu Android yang mirip dengan iOS, tapi menambahkan fitur widget. "Namun, iPhone 5 tidak memiliki tampilan antarmuka yang benar-benar baru," Tim Scholasvan, penulis kolom dari morningsun.net.

2. Isi Ulang Baterai dengan Wi-Fi
Tidak seperti Nokia Lumia 920 dan 820, iPhone 5 belum memiliki fitur isi ulang baterai melalui Wi-Fi. Konon, jika tidak di tahun ini, tahun depan Apple akan merenovasi.

3. Siri
Siri memang menarik. Tapi lebih hebat jika kemampuannya bisa lebih dari itu. "Misalkan, iPhone bisa membangunkan penggunanya, lalu secara otomatis memberi tahu berita di pagi hari, info ramalan cuaca, atau membuka email tanpa diperintah," ujar Tim.

4. Fitur Gerakan
Fitur pengenal wajah sebenarnya sudah dipatenkan Apple. Tapi jika hanya punya kemampuan untuk membuka kunci layar, kesannya biasa saja. 

5. Pelindung
iPhone 4 dan 4S memiliki lapisan kaca sebagai pelindungnya. Tapi ternyata banyak yang menginginkan jika iPhone 5 benar-benar tahan banting.(ria/R-2)


Spesifikasi dan Harga
iPhone 5 yang merupakan smartphone Apple generasi terbaru ini terlihat sedikit beda dari generasi sebelumnya. Layar iPhone 5 jauh lebih besar dibandingkan dengan seri 4 dan 4S. iPhone 5 menggunakan layar 4 inci dengan resolusi 1136 x 480 piksel. Karena layar yang bertambah besar membuat desain iPhone 5 menjadi sedikit lebih besar dibanding pendahulunya. iPhone 5 memiliki tinggi 4,87 inci (123,8 mm),lebar 2,31 inci (58,6 mm), berat 3,95 ons (112 gram), dan ketipisan mencapai 0,30 inci (7,6 mm) iPhone 5 juga merupakan salah satu smartphon tertipis yang ada saat ini. Untuk warna iPhone 5 dijual denngan dua pilihan yaitu Black & Slate dan White & Silver.

Untuk kamera iPhone 5 menggunakan kamera 8 megapixel iSight camera, yang diklaim Apple lebih cepat dan bagus dalam pengambilan gambar. Selain itu, kamera iPhone 5 juga dilengkapi konektor dock yang dijuluki lightning connector.

Prosesor iPhone 5 menggunakan Apple A6 yang diklaim memiliki kemampuan grafis 2x lebih cepat dibanding prosesor pendahulunya. 

Untuk kekuatan energi iPhone 5 dilengkapi dengan baterai dengan kapasitas lebih besar dengan daya tahan lebih lama.


Spesifikasi: 
Berikut adalah spesifikasi dari iPhone 5. Kendati kurang lengkap, namun setidaknya memberikan gambaran singkat kepada Anda tentang sejumlah fitur baru yang dibenamkan. Berikut diantaranya.

Celullar and Wireless
GSM model A1428*: UMTS/HSPA /DC-HSDPA (850, 900, 1900, 2100 MHz); GSM/EDGE (850, 900, 1800, 1900 MHz); LTE (Bands 4 and 17)

CDMA model A1429*: CDMA EV-DO Rev. A and Rev. B (800, 1900, 2100 MHz); UMTS/HSPA /DC-HSDPA (850, 900, 1900, 2100 MHz); GSM/EDGE (850, 900, 1800, 1900 MHz); LTE (Bands 1, 3, 5, 13, 25)

Bluetooth 4.0 wireless technology
Location
Assisted GPS and GLONASS

Digital compass
Wi-Fi

Cellular

Display
Retina display
4-inch (diagonal) widescreen Multi-Touch display
1136-by-640-pixel resolution at 326 ppi
800:1 contrast ratio (typical)
500 cd/m2 max brightness (typical)

Fingerprint-resistant oleophobic coating on front
Camera, Photo, and Video
8-megapixel iSight camera
Panorama

Video recording, HD (1080p) up to 30 frames per second with audio
FaceTime HD camera with 1.2MP photos and HD video (720p) up to 30 frames per second
Autofocus

Tap to focus video or still images
Face detection in video or still images
LED flash

Improved video stabilization
Photo and video geotagging

Audio Playback
Audio formats supported: AAC (8 to 320 Kbps), Protected AAC (from iTunes Store), HE-AAC, MP3 (8 to 320 Kbps), MP3 VBR, Audible (formats 2, 3, 4, Audible Enhanced Audio, AAX, and AAX ), Apple Lossless, AIFF, and WAV

TV and Video
AirPlay Mirroring to Apple TV support at 720p
AirPlay video streaming to Apple TV (3rd generation) at up to 1080p and Apple TV (2nd generation) at up to 720p

Harga 
Untuk harga iPhone 5 menjual berdasarkan kapasitas memori yang digunakan. Sebagai catatan, harga ini merupakan banderol yang ditetapkan di AS. Jika di Indonesia, bisa jadi lebih mahal. iPhone 5 16 GB dijual 199 dolar AS, 32GB dengan harga 299 dolar AS, dan 64GB dihargai 399 dolar AS. (ria/R-2)

Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment